August 12, 2023

Selamat Ulang Tahun, Aku.

 Saya mulai nulis ini di tanggal 3. Waktu umur sekolah saya paling gak sabar nunggu bulan Agustus dateng. Mau ulang tahun. Kemudian satu dari sekian patah hati terbesar saya terjadi 2 minggu sebelum ulang tahun ke-17. Putus cinta. Masih jelas memorinya, di hari itu, dia datang ke depan kelas, saya hampiri dan dia mengulurkan tangan, "Selamat ulang tahun ya". Saya balik badan dan jalan ke kursi saya dengan mata berkaca-kaca, nahan nangis. 

Sejak hari itu, ada aja hal-hal yang bikin gak seneng di hari ulang tahun. Entah pacar telat dateng, temen deket lupa ngucapin (aduh iya gak penting, tapi buat ABG di umur itu hal ini bikin sedih). Sampai ada waktunya karena takut sedih saya pilih untuk menarik diri dan bilang "mau me time". Padahal itu cuma jadi coping mechanism. Akhirnya Agustus jadi bulan yang bikin ketar-ketir karena saya takut sedih di hari ulang tahun. 

Di tahun 2023. Setelah 3 tahun melewati perjalanan mengenal diri lewat patah hati. Sepulang dari liburan pendek kemarin, di usia menjelang 29 tahun, saya akhirnya bener-bener sadar bahwa yang paling bikin saya bahagia tuh ternyata diri saya sendiri. Semua susah, seneng, berjuang, ya saya. 

Jadi, tulisan ini jadi hadiah buat Aku. 

Selamat Ulang Tahun ke-29, Aku.

Terima kasih sudah berjuang bersama, bersedih bersama, bangkit bersama dan bersenang-senang bersama. Berhenti sebentar dan ingat-ingat gimana ceritanya kita bisa ada di hari ini. Kita jalani lagi besok sampai di ulang tahun ke-30. Kita lihat sejauh mana kita jalan, selebar apa senyum kita, ingatan apa lagi yang akan kita buat. Kalau sedih lagi, kita bangun lagi. Kalau akhirnya bahagia, kita ingat lagi hari ini. Jika tidak, kita cari lagi bahagia itu. 

No comments:

Post a Comment